5 PERTIMBANGAN DALAM MEMILIH PEKERJAAN

https://www.pexels.com/photo/woman-in-red-coat-holding-book-3951790/



Pernahkah Anda mendengar cerita orang-orang di sekitar kita yang ternyata merasa tidak bahagia dengan pekerjaan mereka? Bahkan hingga mereka tidak dapat menikmati hari-hari saat harus berangkat bekerja. Mungkin kita adalah salah satunya. Tapi kita harus bertahan untuk tetap melanjutkan hidup, bukan? Padahal ketidakbahagiaan di tempat kerja dapat memicu stres yang berkepanjangan.

Memang saat ini kita sedang berada dalam kondisi sulit dalam mendapatkan sebuah pekerjaan. Namun tidak ada salahnya kita mengusahakan sesuatu yang penting dalam hidup kita. Wajar kalau kita ingin mendapatkan pekerjaan yang dapat kita nikmati, pekerjaan yang membuat kita merasa berharga, bukan malah membuat kita tertekan setiap hari.

Jika saat ini Anda sedang membangun karier, sedang mencari pekerjaan, akan berganti pekerjaan, atau sedang mendapat tawaran pekerjaan, pertimbangkanlah lima faktor ini.

 

1.     Tujuan dan Rencana Karier

Karier dan pekerjaan merupakan sesuatu yang berbeda. Karier adalah suatu jalur yang Anda bangun di bidang tertentu, sedangkan pekerjaan adalah sarana untuk memenuhi kebutuhan Anda. Idealnya seseorang sudah tahu apa yang ingin dicapainya dalam kehidupan, dan salah satunya adalah tentang karier. Kehidupan seperti apa yang Anda inginkan, apa yang ingin Anda lakukan dalam hidup ini, dan Anda ingin dikenal sebagai apakah seorang dokter, musisi, penulis, atau politikus? Maka kalau Anda ingin mencapai tujuan karier tersebut, Anda sebaiknya memiliki pekerjaan di bidang yang Anda inginkan itu.

 

2.     Passion

Kalau kita memiliki passion pada apa yang kita lakukan, kita akan merasa tidak bekerja. Tantangan yang muncul akan dapat kita lalui dengan lebih baik dibandingkan saat kita harus melakukan sesuatu yang bahkan tidak kita sukai. Yap, menurut saya passion harus menjadi faktor yang kita pertimbangkan dalam melakukan sebuah pekerjaan. Passion merupakan minat yang kuat seseorang dalam suatu hal, dan bisa saja lebih dari satu. Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion akan membuat kita dibayar untuk melakukan apa yang kita sukai. Dengan catatan, kita telah memiliki skill yang bagus di bidang yang kita minati itu.

 

3.     Gaji

Tentu saja gaji merupakan faktor yang menjadi pertimbangan dalam bekerja. Pikirkanlah apakah gaji yang akan Anda terima sepadan dengan pekerjaan yang akan Anda lakukan. Pertimbangan bahwa pendapatan tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda juga sangat penting. Tanyakan juga kepada bagian SDM benefit apa saja akan Anda terima selain gaji. Sebaiknya Anda mengukur kemampuan Anda, mempelajari standar gaji yang berlaku di suatu daerah, juga melakukan riset setandar gaji dalam industri yang Anda tuju tersebut. Jangan sampai Anda terlalu rendah menilai diri sendiri atau sebaliknya, Anda mengharapkan gaji yang terlalu tinggi.

 

4.     Gaya Hidup

Jika kita mengenal diri kita sendiri maka kita akan memahami kehidupan seperti apa yang kita inginkan. Apakah Anda ingin tinggal di kota tertentu atau tidak masalah berada di kota mana saja, apakah Anda sanggup menempuh jarak yang jauh ke tempat kerja atau ingin bekerja dari rumah atau dari mana pun yang Anda inginkan, apakah Anda ingin dapat bekerja sambil menemani anak sekolah dari rumah? Mungkin Anda seorang introvert yang ingin ketenangan saat bekerja, atau sebaliknya, Anda seorang ekstrovert yang senang bertemu dengan banyak orang. Anda memiliki hobi traveling dan menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan hobi Anda tersebut. Seseorang akan lebih dapat menikmati pekerjaannya jika itu sesuai dengan gaya hidupnya. Gaya hidup seperti apa yang Anda jalani? Carilah pekerjaan yang sesuai dengan itu.

 

5.     Value

Setiap orang memiliki nilai yang dianut, entah itu agama, budaya ataupun prinsip hidup. Jika budaya di tempat Anda bekerja bertentangan dengan value yang Anda yakini tentu akan sulit Anda jalani. Bahkan pertentangan value di tempat kerja dengan value pribadi dapat menjadi alasan kuat bagi seseorang untuk meninggalkan pekerjaannya, tidak peduli setinggi apa pun gaji yang ditawarkan. Kalau Anda seseorang yang sangat mementingkan kejujuran sedangkan di tempat Anda bekerja membuat Anda melakukan banyak manipulasi atau hal-hal lain yang bertentangan dengan hati nurani maka lebih baik Anda segera mencari pekerjaan lain. Karena jika terlalu lama berada di lingkungan kerja yang toxic akan membuat mental seseorang terganggu.


Menentukan pekerjaan dan karier memang cukup kompleks ya. Mungkin Anda beruntung dapat langsung menemukan pekerjaan yang cocok dengan Anda sejak pertama memulainya, namun tidak sedikit yang harus mengeksplorasi berbagai macam pekerjaan hingga akhirnya menemukan pekerjaan yang sesuai.

Jika Anda belum menemukan sebuah pekerjaan yang sesuai dengan semua faktor di atas, maka tentukan dulu satu atau dua faktor yang menjadi prioritas saat ini. Apakah Anda seorang fresh graduate yang ingin bekerja di bidang yang menjadi passion Anda sehingga gaji adalah urutan kesekian? Atau mungkin saat ini kebutuhan keluarga menjadi prioritas Anda sehingga faktor gaji menjadi lebih penting. Tidak apa-apa, karena Anda dapat melakukan pekerjaan tersebut sambil terus mengusahakan apa yang menjadi mimpi Anda. Bisa jadi Anda nantinya akan merasa lebih cocok bekerja sebagai seorang freelancer, mendirikan start up, atau memiliki bisnis sendiri.

Memang tidak mudah mendapatkan pekerjaan ideal, bahkan tidak ada pekerjaan yang sempurna. Namun setidaknya minus dari sebuah pekerjaan adalah hal-hal yang masih dapat kita toleransi. Dalam kehidupan ini masih banyak yang mesti kita lakukan, dan tidak melulu tentang pekerjaan maupun uang.

Weka Swasti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar