AKTIVITAS FAVORITKU YANG MEMBUAT HATI BAHAGIA

https://www.pexels.com/photo/person-holding-book-on-lap-3944456/


Dalam sehari kita bisa mengalami banyak hal. Kadang kita juga mengalami hari yang berat. Atau malah bisa jadi sehari-hari selalu kita lalui dengan sulit. Misalnya, setiap hari harus menghadapi tekanan di tempat kerja, punya bos yang toxic, ataupun hal-hal tak terduga yang sering kali terjadi dan membuat kita stres. Dalam kehidupan ini, tidak semua dapat kita kendalikan. Tapi apakah kita akan membiarkan itu semua membuat seluruh hidup kita terasa tidak bahagia?

Saya sering merasa kesal jika sesuatu terjadi di luar kontrol, padahal saya sudah membuat rencana, mengatur waktu, agar satu hari yang akan saya lewati ini berjalan lancar, sesuai harapan, dan baik-baik saja. Namun sepertinya harapan itu hanya di dalam angan saya. Kadang-kadang saya mengalami hari yang benar-benar indah, tapi seringnya hanya terjadi di hari libur. Tapi, masa iya saya harus menunggu weekend untuk merasa bahagia?

Saat saya masih remaja, saya ingat tidak terlalu menikmati hari-hari di sekolah. Karena waktu yang saya habiskan di sekolah cukup panjang, saya sering merasa tidak bahagia. Sekarang, saya mengenal tentang mindfulness, dan saya mencoba untuk selalu menyadari emosi yang saya rasakan. Kalau emosi saya sepertinya sedang sedih atau marah, saya mencoba untuk menenangkan diri, dan mengalihakan fokus pada hal-hal yang membuat emosi saya membaik.

Saya pun meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang akan membuat perasaan saya berada di frekuensi kebahagiaan. Pasti semua orang punya benda maupun aktivitas yang akan membuat perasaannya bahagia. Bahkan sebaiknya kita menjadwalkan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan untuk kita, entah itu hobi atau terkait dengan passion agar menjadi bagian dalam rutinitas kita. Bisa kita selipkan menjadi kegiatan harian, mingguan atau hanya sebulan sekali. Tapi pastikan kita rutin melakukan itu.

Bukannya kita harus menggantungkan kebahagiaan hidup kita pada benda atau aktivitas tertentu. Karena bagaimanapun kebahagiaan adalah rasa dari dalam hati. Namun setidaknya kita punya tombol atau pengatur mode yang dapat membantu kita untuk merasa lebih baik.

Buat saya, inilah beberapa hal, berupa aktvitas, yang menyenangkan buat saya. Beberapa saya masukkan dalam kegiatan harian, ada yang mingguan, bulanan, atau berselang-seling, gentian dengan aktivitas lainnya.

 

1.     Membuat daftar syukur

Ini masuk dalam rutinitas harian saya. Di pagi hari saya biasanya mengambil waktu sesaat untuk menuliskan apa saja yang saya syukuri hari itu. Dulu saya menuliskannya di sebuah buku agenda cantik dengan pita berwarna ungu. Tapi karena banyak yang dapat dituliskan tentunya membutuhkan semakin banyak buku. Akhirnya saya menuliskan segala hal yang saya syukuri itu di ponsel. Yap, saya dapat menuliskan daftar syukur sebanyak yang saya mau. Hal-hal yang saya tulis sering kali tampak sederhana. Saya bersyukur dapat menghirup udara bersih. Saya bersyukur memiliki tubuh sehat. Saya bersyukur dapat berkumpul dengan keluarga. Saya bersyukur tinggal di negara yang damai. Saya merasakan itu semua adalah anugerah yang tak ternilai harganya.

 

2.     Olahraga

Saya selalu memulai hari dengan melakukan olahraga favorit. Saya melakukan olahraga yang sekalian dapat melatih teknik balet, kardio, mengecilkan perut, dan stretching. Olahraga telah menjadi bagian dari rutinitas harian saya yang menyenangkan. Tubuh juga menjadi lebih siap untuk beraktivitas setelah berolahraga. Yap, olahraga punya banyak manfaat, termasuk sebagai penghilang stres dan melepaskan hormon bahagia ke otak.

 

3.     Menikmati segelas smoothie

Hampir setiap hari saya membuat smoothie untuk sarapan kami sekeluarga. Smoothie favorit saya adalah pisang, stroberi, yang saya campur dengan yogurt atau susu UHT plain dan daun mint without sugar. Kadang saya mencampurkan keju dan chia seed. Saya masukkan ke dalam blender jadi satu dan meminumnya setelah olahraga. Yummy! Anda juga bisa coba membuatnya.

 

4.     Secangkir kopi

Kalau ini sih, memang sudah jelas ya. Kafein yang terkandung di dalam secangkir kopi dapat membuat mood seseorang jadi lebih baik. Hormon adrenalin pun meningkat. Bukan hanya merasa lebih bersemangat, kalau minum kopi rasanya ide-ide lebih mudah untuk datang. Tapi untuk mencegah efek kafein yang berlebihan di dalam tubuh, saya sudah cukup hanya memium secangkir kopi hitam saja sehari.

 

5.     Membaca buku

Membaca buku membuat mood saya jadi lebih baik. Saya membaca buku nonfiksi jika membutuhkan informasi tertentu secara mendalam, dan saya membaca novel saat bersantai. Menyentuh buku, mencium aroma setiap lembar halamannya saja sudah membuat hati saya bergetar. Bahagia. Setelah seharian mengalami hari yang melelahkan, membaca buku sebelum tidur akan membuat saya merasa lebih rileks.

 

6.     Menulis

Ini sih, kegiatan yang rasanya otomatis saya lakukan setiap hari. Dulu saat kecil saya suka menulis cerita-cerita pendek dan puisi. Saat menulis, saya merasa bahagia. Mungkin karena saya dapat melarikan diri sejenak dari kenyataan dan bersenang-senang dengan imajinasi saya. Lol. Setelah dewasa, menulis juga menjadi salah satu sumber penghasilan dan karier. Menulis menjadi sesuatu yang lebih serius buat saya. Lalu kesibukan lain sempat membuat saya jarang menulis. Tapi saya sadar, menulis adalah bagian dari hidup saya. Jadi saya pun tetap meluangkan waktu untuk menulis sesuatu yang membuat saya senang, meskipun itu hanya menulis di media sosial. Sekarang saya sedang menulis untuk memwujudkan impian saya, dan mengerjakan sebuah proyek pribadi, saya pun mulai aktif lagi menulis untuk blog saya, dengan harapan dapat berbagi sesuatu yang bermanfaat bagi Anda. Karena buat saya, menulis juga merupakan salah satu cara saya untuk berbagi, dan berbagi tentunya membuat hati kita merasa lebih bahagia.

 

7.     Nonton film

Menonton film adalah aktivitas yang setidaknya saya lakukan seminggu sekali. Sejak pandemi covid, saya jadi lebih menikmati menonton film di rumah daripada di gedung bioskop. Saya bisa nonton sambil menemani anak bermain, saya bisa menghentikan tayangan saat ingin ke kamar mandi, dan tentunya lebih hemat. Ada banyak jenis film yang saya suka, biasanya saya memilih berdasarkan mood.

 

8.     Menari

Bisa dibilang menari adalah hobi baru. Saya baru serius belajar menari balet pada tahun 2013. Dulu saat kecil saya selalu bermimpi untuk belajar balet. Tapi apa daya karena tinggal di kota kecil dan belum ada inovasi teknologi bernama Youtube, maka saya hanya bisa membaca komik-komik tentang penari balet. Saat saya mulai mempelajarinya beberapa tahun silam, perasaan saya sangat bahagia. Setiap kali saya datang ke kelas balet dan menari dengan iringan musk klasik, saya merasa segala hal dalam hidup saya sangatlah indah. Setelah itu saya mulai mengenal tari kontemporer, mengenal banyak teman penari, dan sempat melakukan pementasan-pementasan kecil. Karena kesibukan dan waktu yang terbatas, saya sekarang sudah cukup senang dapat menari sendiri di rumah pada hari Sabtu atau Minggu.

 

9.     Family time

Setelah saya menikah dan punya anak, saya merasa waktu yang saya lalui bersama mereka membuat hati saya terasa hangat. Sebelum pandemi, setidaknya seminggu sekali kami bersama-sama pergi keluar rumah, sekadar jogging di alun-alun atau ke tempat wisata di Yogyakarta yang bisa kami eksplorasi bersama. Dapat bermain bersama anak di rumah, atau bercerita banyak hal pada suami, itu pun sudah membuat saya merasa sangat bahagia.

 

10.  Bercerita

Saya suka berbicara, sendiri. Dulu sewaktu masih SD, saya suka membuat sebuah cerita dan menyuarakannya sendiri. Lalu saya mulai membuat rekaman cerita di kaset. Saat saya lulus kuliah, saya pun mengikuti training untuk menjadi penyiar radio karena rasanya saya senang berbicara. Kemudian saya mulai masuk ke dunia radio dan on air. Saat saya siaran atau memproduksi sebuah siniar, saya merasa betah, bersemangat, dan happy. Saya sedih saat akhirnya tidak dapat melanjutkan siaran karena lagi-lagi kesibukan yang mebuat saya harus memilih. Tapi kemudian saya sadar, saya tidak perlu harus menjadi penyiar profesional untuk menyalurkan hobi yang membuat saya bahagia ini. Saya bisa membuat rekaman puisi, membacakan cerpen, juga mendongeng. Saya dapat merekamnya dan bahkan membuat videonya sendiri. Saya dapat membagikannya di Sound Cloud, Instagram, dan media sosial lainnya. Cita-cita saya untuk punya radio sendiri pun dapat menjadi nyata. 

 

11.  Main scrabble

Jika bertanya pada suami saya, maka salah satu kegiatan yang membuatnya senang adalah, main gim. Bahkan itu satu-satunya jawaban yang dia berikan sebelum anak kami lahir. Hahaha. Saya berbeda, tidak suka main gim. Tidak pernah ada aplikasi gim di ponsel saya kecuali itu bawaan. Tapi ada satu aplikasi gim yang terpasang di ponsel saya, scrabble. Yes, it’s the only game that I’d love to play. Dulu saat saya harus bed rest karena masalah kehamilan, saya pun bisa lupa waktu karena bermain scrabble.

 

Nah, itulah beberapa kegiatan yang saya jadwalkan untuk dilakukan secara rutin. Sepertinya saya salah satu orang dengan banyak hobi ya. Hahaha.

Sebetulnya memang cukup banyak hal-hal yang jika kita lakukan maka aktivitas itu membuat hati bahagia. Bahkan mungkin aktivitas itu adalah hal yang sederhana dan dapat dilakukan setiap hari seperti menyiram tanaman atau bahkan mencuci pakaian. Sebaiknya memang dalam sehari kita punya aktivitas yang menjadi rutinitas bahagia kita. Akan lebih baik aktivitas tersebut bersifat produktif, bukannya konsumtif yang membuat kita mengeluarkan banyak uang yang justru dapat menimbulkan masalah baru dalam hidup kita.

Apa aktivitas yang Anda lakukan untuk dapat menjaga hati tetap pada mode bahagia? Boleh kok, tulis di kolom komentar.

 

 

 

 

Weka Swasti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar